Content

Tokek Berbintik

Sabtu, 31 Agustus 2013
Copyright © Lens Shoot

Tokek yang tidak seberapa besar, panjang tubuh maksimal 102 mm SVL (snout-vent length, ujung moncong hingga anus), panjang ekor maksimal 125 mm. Berkulit kasar, dengan 16-17 deretan longitudinal bintil-bintil di bagian punggung; sisik di tenggorokan granular; 30-38 deret sisik ventral di bagian tengah, di antara lipatan ventrolateral. Kepala bentuk jorong hingga bundar telur. Sisik rostral melekuk di tengah, dan menyusun tepi lubang hidung (nostril).  Sisik supralabial (bibir atas) 10-11 buah, infralabial 9-12. Sisik mental (dagu) menyegitiga, dengan 1 atau 2 pasang sisik submaksilar berukuran besar. Ujung-ujung jari melebar, pangkalnya berselaput (sedikit saja di antara jari IV dan V). Jari kaki (belakang) ke-IV dengan 16-17 lamella atau scansor (lembar pelekat), 4-5 yang di pangkal terbagi. Pori-pori preano-femoral (berderet di muka anus dan paha) pada hewan jantan berjumlah 23-42 buah. Bintil post-anal 2, kadang-kadang 3 pada yang jantan. Ekor dengan deretan bintil serupa duri yang membentuk cincin-cincin beraturan. Perisai subkaudal (di bawah ekor) membesar di tengah.
Tokek berbintik mengeluarkan 2 butir setiap kali bertelur, berukuran 9,3-13,6 × 9,5-11,4 mm yang dilekatkan di dinding lubang atau rekahan. Terkadang dijumpai pula ‘sarang’ bersama, dengan banyak telur hingga lebih dari 50 butir. Telur akan menetas setelah 120 hari, anaknya yang keluar berukuran antara 25-30 mm SVL [Wikipedia]

0 komentar:

Posting Komentar

Translate Here

Labels

----------------------TRANSLATE HERE----------------------
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
------------------------------FEED--------------------------------- Free counters!

About Us

All photos in this site are just for Sharing and Entertaining, If u wanna some photos without Copyright, Please Mail me [arvian.fahrur2@gmail.com] Copyright © Lens Shoot |Author: Arvian Fahrur Rizal | Facebook: [http://www.facebook.com/arvianfr] The owner of This Site.